Rabu, 29 Desember 2010

Cat Besi dan Kayu Ramah Lingkungan

Seiring berkembanya teknologi membuat efek perubahan disegala bidang. Saat ini dunia sedang gencar - gencarnya digalakkan gerakan penghijauan karena dampak pemanasan global. Tidak ketinggalan juga bagi dunia pengecatan, para produsen cat berlomba - lomba menciptakan produk yang ramah lingkungan.

Umumnya cat besi dan kayu adalah berbahan dasar solvent ( minyak ) sehingga kurang bagus bagi kesehatan. Terutama karena bau yang ditimbulkan yang dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan.

Beberapa waktu yang lalu penulis mengunjungi toko material, begitu sampai langsung disambut oleh SPG yang menawarkan berbagai macam cat. Saya tertarik dengan salah satu cat yang ditawarkan yaitu Timbershade. Timbershade adalah cat untuk besi dan kayu namun berbahan dasar water base ( berbahan dasar air ). Cukup aneh memang, karena selama ini yang saya kenal yang namanya cat besi atau kayu pasti solvent base.

Penasaran saya ambil brosure yang dia tawarkan. Cat ini berbahan dasar air ( waterbase ), tidak mengandung mercury, tidak mengandung lead, sehingga sangat cocok bagi anda yang sangat peduli dengan kesehatan.

Timbershade ini dapat digunakan untuk mengecat medium kayu dan besi galvanish. Namun kelemahannya jika akan diaplikasikan ke besi harus menggunakan dasar/ etching primer, kalau tidak dijamin tidak akan kuat ( mudah terkelupas ).
Tampilan yang dihasilkan dari cat Timbershade ini adalah Matt ( tidak mengkilap ). Nah jika anda penasaran silakan mencoba.

Data Teknis :

- Pigments : Titanium Dioxide, Iron Oxide, Carbon Black, Organic Pigments and Mineral Extender
- Latex : Pure Acrylic Emulsion
- Tampilan warna : Low Sheen
- Jumlah Lapisan yang direkomendasikan : 2 lapis
- Ketebalan lapisan film setelah kering : 30 - 40 µm
- Pengencer : Air ( 5 - 10 % dari volume )
- Kering Sentuh : 15 - 20 menit ( tergantung pada cuaca dan kelembaban )
- Kering Keras : 45 - 60 menit
- Interval pengecatan : 2 - 3 jam
- Daya Sebar : 10 - 12 m²/ liter/ lapis
- Metode pengecatan : Kuas/ Roller/ Spray


-Dari berbagai sumber-

0 komentar:

Posting Komentar